Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Cara Menggunakan Garmin GPSMAP 60CSX

Posted on 03.35 by Faisal Arif

Pada artikel kali ini, saya akan coba memberikan sedikit tips dan trik penggunaan GPS salah satunya yaitu GARMIN GPSMAP 60CSX.
Sudah lama tulisan ini dibuat, namun baru hari ini diterbitkan (sudah lama di komputer maksudnya………) dengan pertimbangan bahwa artikel ini hanya digunakan untuk keperluan pribadi bukan komersial.

"jika seandainya bilamana apabila"(ke-panjang-an om....)terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam penulisan, mohon komentar untuk perbaikan...kalo artikelnya membantu sih....komentarnya juga jangan lupa (sedikit pujian Alhamdulillah....hehehe)

artikel ini akan diterbitkan dalam beberapa bagian secara periodik (biar pembaca ada sedikit rasa penasarannya gitu lho..)

oke, kita mulai………

Garmin GPSMAP 60 CSx merupakan suatu alat yang paling banyak dipakai di indonesia karena tingkat keakuratannya dalam menentukan posisi yakni dengan toleransi antara 5 sampai 15 meter (dengan asumsi mendapatkan lebih dari 3 sinyal satelit). Penggunaan Garmin GPSMAP 60 CSx sangat mudah, karena sudah dilengkapi dengan beberapa tombol navigasi dan pilihan menu secara cepat. Jenis GPS ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk survey, mengetahui terbit dan terbenamnya matahari, memprediksi banyaknya ikan di suatu lokasi, mengetahui peredaran bulan dan matahari, dan lain-lain.

Fungsi tombol Garmin GPSMAP 60 CSx :

Tombol “IN” dan “OUT”
a. Pada Tampilan peta : digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan peta (Zoom in dan Zoom out).
b. Pada Tampilan Kompas : digunakan untuk mengubah skala course pointer
c. Pada Tampilan Altimeter : digunakan untuk zoom in dan zoom out histori / perubahan yang terjadi pada ketinggian maupun tekanan udara.
Tombol “PAGE”
Digunakan untuk berpindah pindah ke beberapa aplikasi utama GPS. Secara default, pada saat penyalaan pertama, GPS akan menampilkan gambar satelit. Setelah tombol page ditekan, maka akan berpindah ke tampilan berikutnya sesuai pengaturan, seperti kompas, altimeter, menu utama (main menu), ataupun trip computer
Tombol “MENU”
Tombol menu memiliki beberapa fungsi :
a. Jika ditekan 1 kali, maka akan menampilkan menu pilihan pada aplikasi yang sedang tampil.
b. Jika ditekan 2 kali, maka akan menampilkan menu utama.
Tombol “ENTR”
Digunakan untuk menyetujui pilihan atau permintaan yang diberikan oleh GPS.
Tombol “QUIT”
Digunakan untuk membatalkan pilihan atau permintaan yang diberikan oleh GPS. Jika ditekan saat tidak diberikan pilihan (berupa “yes dan no” atau “ok”), maka penekanan tombol ini akan berbanding terbalik dengan tombol page (berpindah ke beberapa aplikasi secara berlawanan)
Tombol “FIND”
Digunakan untuk menemukan sesuatu yang aa di sekitar. Saat tombol “FIND” ditekan, maka akan dimunculkan beberapa pilihan, seperti waypoints, geocache, cities, All Point of Interest, dan lain-lain.
Tombol “MARK”
Digunakan untuk memberi tanda pada peta dimana GPS berada. Tanda ini bisa digunakan sebagai patokan awal pengukuran atau sebagai penanda koordinat.
Tombol arah kanan, kiri, atas dan bawah (tombol Rocker)
Digunakan untuk memilih pilihan yang tersedia dan untuk memasukkan data ataupun menunjuk peta.
Tombol “POWER”
Tekan dan tahan Digunakan untuk menyalakan atau mematikan GPS. Tekan kemudian lepaskan untuk mengatur backlight (lampu pada GPS)

No Response to "Cara Menggunakan Garmin GPSMAP 60CSX"

Leave A Reply